5+ Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah Dihafal, Sedih…!!!

Posted on

Masa kecil memang masa paling indah. Apalagi asa ketika sekolah SD. Dan di sana, ada semua kenangan. Namun bagaimana rasanya ketika harus berpisah? Nah, tentunya sedih tak terkira. Kali ini admin pun merasakannya. Kalian yang mau berpisah, atau mau lulus kelas 6 SD, tentu akan sangat sedih. Nah, pidato ini akan mewakili perasaan kalian. Contoh pidato perpisahan anak SD kelas 6 ini, akan menjadi momentum paling berharga dan paling sedih. Karena di saat sedang bahagia, karena baru menyelesaikan ujian akhir, harus berpisah.

Nah, umumnya sih pidato perpisahan ini hanya berisi ucapan terima kasih dan semisalnya. Makanya, sederhana banget tidak usahg muluk-muluk. Semuanya siompel, ringkas, praktis. Kalau begitu, kalian ngga usah cemas. Ada banyak contoh pidato perpisahan kelas 6 singkat dan mudah dihafal bahasa indonesia yang akan admin hadirkan kali ini.

Kelas 6 SD memang masa paling indah. Saat itulah kita mengenal cinta monyet, dan juga banyak kenangan merah jambu yang lucu. Tentu saja momentum perpisahan ini akan sangat membuat sedih. Admin sendiri sampai detik ini masih ingat soal cinta pertama, dengan gadis Sunda. Lucu kan? Baiklah ngga usah berlama-lama lagi, mari kita simak saja contoh pidato perpisahan kelas 6 yang paling mengharukan dan menyentuh hati ini.

Pokok-pokok Isi Pidato Perpisahan

Hampir semua pidato anak SD isinya hanya ucapan terima kasih dan kesan selama diajar. Itupu  ngga ribet. Sehingga mudah banget kalau membuatnya. Urutannya juga mudah. Simak di bawah ini!

  1. Puji syukur pada Allah
  2. Ucapan terima kasih untuk guru
  3. Kesan selama belajar
  4. Ucapan terima kasih buat guru
  5. Pesan untuk adik kelas
  6. Niatan untuk tetap menuntut ilmu
  7. Doa kafaratul majlis

Nah, itu skemanya. Kalian bisa mencontohnya untuk membuat pidato serta kembangkan pokok-pokok isi pidato tersebut menjadi naskah pidato lengkap. Namun jika kalian ingin real dapat contoh, silakan simak beberapa contoh di bawah ini, agar kalian bisa segera praktek! Mari kita simak saja mulai dari contoh pidato perpisahan kelas 6 yang mengharukan dan pendek.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat Jelas Padat

Contoh 1 Pidato Perpisahan kelas 6

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya, yang tercurah untuk kita semua. Karena pada hari ini kita diberikan kesempatan bertemu, berkumpul bersama di sekolah yang kita cintai. Namun sayangnya berkumpul kali ini untuk acara perpisahan.

Bapak ibu guru yang saya sayangi

Dalam kesempatan ini, saya dan seluruh teman, sangat berat untuk menyampaikan pidato ini. Sebab kesedihan yang tidak tertanggung, karena harus berpisah. Berpisah dnegan bapak dan ibu guru, yang sudah menyayangi kita selama 6 tahun belajar. Akan tetapi meski berat kami harus menyampaikan juga.

Untuk bapak dan ibu guru, serta yang saya hormati bapak/ibu kepala sekolah. Kami haturkan terima kasih yang tidak terhingga. Karena telah memberikan banyak pendidikan dan menyayangi kami sepenuh hati selama ini.

Tidak akan kami lupa bekal ilmu yang bapak/ibu guru berikan. Pengetahuan yang kami terima sangat berharga. Entah dengan apa kami bisa membayar, tapi kami akan menjaga bekal tersebut, sehingga akan menjadi bekal paling berharga dalam hidup kami. Dan akan menjadi lentera yang menerangi sepanjang perjalanan hidup kami.

Kami menyampaikan permohonan maaf, jika selama kami di sini banyak menyusahkan bapak/ibu guru. Padahal bapak/ibu guru demikian sabar, demikian berbsar hati mendidik kami. Sekali lagi kami sampaikan permintaan maaf yang tidak terhingga.

Dan untuk adik kelas kami, kami berpesan agar terus semangat menuntut ilmu. Bapak/ibu guru di sekolah adalah pengganti dari orang tua kalian di rumah. Belajarlah dan jangan bandel. Hormati mereka karena mereka adalah penuntutn kita.

Demikianlah pidato perpisahan ini. Saya akhiri sampai di sini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 2 Pidato Perpisahan kelas 6

Salam hormat untuk bapak/ibu guru sekalian, dan juga para orang tua murid yang kami hormati. Serta adik-adik yang kami cintai. Mengawali pidato perpisahan ini, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah. Atas karunia dan kesempatan yang diberikan untuk kita berkumpul pada kesempatan kali ini di tempat ini untuk acara perpisahan setelah 6 tahun kita belajar.

Saat ini, kami di sini mewakili kelas 6, dalam rangka menyampaikan perpisahan. Untuk itu, kami berterima kasih atas kesediaan bapak/ibu menghadiri acara ini. Terima kasih juga kami ucapkan untuk para wali murid, dan juga adik-adik dalam cara perpisahan yang kami adakan ini.

Pada kesempatan terakhir ini, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bekal ilmu, dan pengetahuan yang bapak/ibu berikan. Tentu saja, selama 6 tahun ini kami banyak membuat masalah, membuat bapak/ibu marah, jengkel. Tapi bapak ibu guru selalu memaafkan kami. Semua masalah yang kami timbulkan entah sudah berapa banyak. Untuk itulah pada acara ini kami pinta seribu maaf dari bapak/ibu guru. Dan sekali lagi kami ucapkan terima kasih tiada terkira.

Bapak/ibu guru sekalian, akhirnya kami harus meminta restu dan doa. Karena kami akan melanjutkan ke jenjang SMP. Sehingga restu dari bapak/ibu akan menjadi bekal terbaik bagi kami. Dengan restu tersebut kami akan berhasil dan kami berjanji untuk selalu tekun belajar di sana. Agar kami menjadi orang yang berguna untuk agama, nusa dan bangsa.

Dan untuk adik-adik dari kelas 1 sampai 5, tetaplah semangat belajar. Dan jangan sekali-kali berani kepada para guru di sini. Sebab mereka adalah pengganti dari orang tua kalian di rumah.

Akhirnya, cukup sekian pidato perpisahan ini. Dan mohon maaf atas ucapan yang tidak berkenan di hati bapak/ibu guru semua. Terima kasih. Wassalam.

Contoh 3 Pidato Perpisahan kelas 6

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk semua hadirin yang kami hormati

Kepada bapak kepala sekolah (sebutkan namanya)

Untuk para ibu dan bapak guru yang kami hormati dan kami sayangi

Wali murid sekalian dan juga adik kelas yang kami sayangi

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanbahu Wata’ala. Karena kita di pagi ini diberikan rahmat dan kesempatan untuk mengadakan perpisahan.

Untuk pertama tama, kami haturkan terima kasih yang demikian besar kepada bapak/ibu guru karena telah mendidik kami selama ini. Selama 6 tahun ini. Kami tidak bisa membalas jasa bapak/ibu guru dengan uang, namun kami hanya bisa mendoakan agar Allah membalas jasa bapak ibu guru sekalian.

Pada pagi ini pula, di acara perpisahan ini kami menyampaikan maaf yang besar atas semua tingkah laku yang membuat bapak/ibu guru jengkel, marah dan banyak perbuatan yang kami lakukan.

Dan untuk adik kelas kami, jangan menyerah. Teruslah semangat dalam menuntut ilmu. Kami kakakmu akan meneruskan ke jenjang lebih tinggi. Dan kami hanya berpesan untuk terus belajar, terus semangat. Hormati bapak/ibu guru yang ada. Agar kalian mendapatkan berkah ilmu.

Akhirnya kami mohon diri, mohon doa restu pada bapak/ibu guru, dan juga kepada ayah dan ibu kami. Agar kami bisa meneruskan ke jenjang lebih. Terima kasih atas semua pengorbanan ayah dan ibu dan bekal ilmu yang diberikan oleh bapak/ibu guru.

Sekian dan Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Contoh 4 Pidato Perpisahan kelas 6

Bismillah,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah Assalatu wassamu ‘ala roasulillah. Ama ba’dah.

Alhamdulillah. Puji dan syukur  kami panjatkan kepada Allah atas kesempatan, dan berbagai rahmat-Nya. Setelahnya, salawat salam  tercurah kepada baginda Muhammad Alaihi salatu wassalam.

Untuk yang kami hormati bapak/ibu pejabat

Yang kami hormati bapak kepala sekolah

Yang kami hormati dewan guru

Yang kami hormati wali murid

Dan juga yang kami sayangi adik-adik kelas kami

Kepada hadirin yang kami hormati, pada kesempatan kali ini, kesempatan yang berbahagia sekaligus sedih bagi kami, kami berdiri di sini mewakili kelas 6 SD ( sebutkan nama SD-nya) untuk menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati,

Kami ingin menghaturkan terima kasih atas semua bekal ytang kami terima dari bapakj/ibu guru semua. Sekaligus kami ingin berpamitan. Mohon doa restu karena esok kami akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi.

Selama 6 tahun dengan penuh kesabaran bapak/ibu guru mendampingi, mendidik kami dengan penuh kesabaran. Makanya, kami ingin menghaturkan ucapan terima kasih sekaligus kami memohon doa agar selanjutnya kami mendapatkan berkah dalam mencari ilmu.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati,

Yang terakhir, kepada adik kelas kami. Tetap belajar dan jangan malas. Hormati bapak dan ibu guru, karena mereka adalah wakil dari orang tua kalian di rumah. Agar kalian berkah dan pintar.

Bapak ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi

Kiranya demikian yang bisa kami sampaikan. Mohon maaf atas semua salah kata dan semoga bapak/ibu guru memaafkan kesalahan kami dan kekurangan kami.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 5 Pidato Perpisahan kelas 6

Bismillah, Assalatu wassalamu ala rasulillah, amma ba’ad

Untuk yang kami hormati, bapak/ibu guru, serta adik kelas kami yang kami sayangi

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah azza wajalla. Karena di pagi ini kita diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam rangka perpisahan kelas 6 SD. Sebenarnya berat untuk kami meninggalkan sekolah yang selama 6 tahun menjadi rumah kedua bagi kami.

Pada kesempatan kali ini, izinkan kami menyampaikan sepatah dua patah kata mewakili kelas 6 SD (sebutkan nama SD-nya) dalam perpisahan ini.

Kami sadar, selama bersekolah di sekolah ini kami dan teman-teman banyak melakukan kesalahan bahkan membuat bapak/ibu guru jengkel. Makanya, dalam kesempatan ini kami meminta dibukakan pintu maaf sebesar mungkin.

Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya karena bapak/ibu guru sudah memberikan bekal kehidupan untuk kami. Semoga bapak/ibu guru semua dberikan kesehtan dan dibalas dengan surga atas jasa selama ini.

Dan untuk teman sekaligus adik kelas kami, sebenarnya berat untuk kami meninggalkan kalian.  Selama 6 tahun kita bersama sekarang kita akan berpisah. Pesan kami, teruslah semangat menuntut ilmu dan hormati bapak/ibu guru kalian. Semangatlah untuk mencari ilmu yang tinggi.

Kiranya sekian pidato ini, semoga bapak/ibu guru dan teman sekalian selalu dijaga Allah dan diberikan kebahagiaan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Itulah contoh pidato perpisahan kelas 6 yang menyentuh hati yang paling bagus dan singkat yang bisa admin hadirkan untuk kalian pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Akhirnya, informasi ini admin cukupkan sampai di sini. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *