Inilah 7 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Posted on

Untuk melangsungkan hidup, manusia membutuhkan sumber daya alam yang diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu SDA yang bisa diperbarui dan SDA yang tidak dapat diperbarui. Sesuai dengan penamaannya, SDA akan dikategorikan dalam kelompok tidak dapat diperbarui karena jumlahnya yang terbatas.

Sementara kebalikannya, SDA yang bisa diperbarui ini tidak akan punah atau habis meski dipakai terus-terusan. Karena SDA jenis ini dapat dibuat kembali, ditambahkan, didaur ulang maupun diperbaharui. SDA yang bisa diperbarui atau disebut dengan istilah renewable resources di dunia sains.

Oleh sebab itu, manusia selalu membutuhkan keberadaan jenis SDA ini untuk kehidupan sehari-hari. Kira-kira apa saja ya yang termasuk dalam kelompok SDA yang bisa diperbarui? Selengkapnya bisa kamu simak melalui artikel di bawah ini ya.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

1. Air

Salah satu SDA yang paling dekat dan selalu dibutuhkan setiap hari adalah air. Beruntungnya SDA ini bisa diperbarui, sehingga manusia tidak perlu merasa khawatir kehabisan.Hal ini disebabkan siklus hidrologi (air) yang memungkinkan untuk proses pembaruan setiap waktu.

Meski kini ada masalah baru yang dihadapi karena kurangnya air bersih, tapi masih bisa dilakukan upaya pencegahan agar tetap bisa mengkonsumsi air bersih. Pasalnya, kita membutuhkan air untuk berbagai aktivitas seperti memasak, mandi, mencuci, hingga meminumnya. Oleh sebab itu, manusia harus bisa menjaga kebersihan air agar tetap bisa digunakan.

2. Tumbuhan

Contoh berikutnnya adalah tumbuhan, salah satu makhluk hidup yang punya peranan penting sebagai salah satu sumber makanan untuk makhluk hidup lainnya seperti manusia serta binatang. Ada berbagai jenis tumbuhan yang dapat dijadikan olahan masakan lezat dan sehat, misalnya sayur, buah, umbi, dan lain-lain.

Meski dikonsumsi setiap hari, tumbuhan tidak akan habis, kecuali jika manusia berhenti untuk menanamnya karena tak lagi memiliki lahan.

3. Hewan

Selanjtunya ada hewan, jenis makhluk hidup yang salah satu manfaatnya adalah  sebagai bahan makanan. Beberapa produk yang diolah dari hewan seperti susu dan daging. Sementara kulit serta bulunya bisa menjadi olahan produk lain seperti aksesoris atau pelengkap busana. Hewan tidak akan musnah selama dikembangbiakkan dengan baik oleh peternak.

4. Tanah

Berikutnya ada tanah yang punya fungsi utama sebagai media dari tanaman. Fungsi tersebut akan tetap ada selama kualitas dan kesuburannya terus dijaga. Selain itu, tanah juga dimanfaatkan sebagai bahan pergurugan atau proses meratakan lahan yang dilakukan sebelum mulai untuk mendirikan bangunan.

Baca Juga:

5. Sinar Matahari

Tersedia dalam jumlah melipah, sinar matahari adalah salah satu contoh SDA yang bisa diperbarui. Meski sudah dipakai ratusan hingga jutaan kali untuk berbagai hal seperti panel surya (energi alternatif  pembangkit daya listrik), faktanya energi matahari selalu ada tanpa mengalami pengurangan apalagi habis.

Selanjutnya energi tersebut dapat dimanfaatkan guna mendukung aktivitas harian seperti menyalakan listrik, lampu, TV, dan lain-lain. Penggunaan sinar matahari sebagai energi listrik akan lebih aman serta ramah lingkungan karena tidak menimbulkan efek samping untuk lapisan ozon. Maka dari itu, banyak negara maju yang sudah mulai menerapkannya.

6. Angin

Sama seperti sinar matahari,  angin juga termasuk dalam kategori SDA yang bisa diperbarui dan biasanya dimanfaatkan untuk energi alternatif guna membangkitkan daya listrik. Angin memiliki kekuatan besar yang bisa dimnafaatkan juga untuk sistem pengairan.

Angin adalah udara bergerak dan punya sumber kekuatan dari alam dengan jumlah tidak terbatas. Oleh sebab itu, energi listrik yang menggunakan kekuatan angin akan ramah terhadap lingkungan dan harganya bisa sangat murah.

7. Geothermal atau Panas Bumi

Contoh terakhir yang akan admin berikan adalah panas bumi atau geothermal, yang sekarang sedang dikaji untuk potensinya dijadikan sebagai alternatif sumber energi (membangkitkan daya listrik). Pemilihan geothermal ini didasarkan pada efek ramah lingkungannya serta punya energi bersih. Indonesia memang belum berjalan ke arah sana untuk pembangkit listrik, tapi banyak negara maju sudah mulai menggunakannya.

Itulah beberapa contoh yang bisa admin berikan tentang sumber daya alam (SDA) yang bisa diperbarui. Meski sudah jelas tidak pernah habis, tapi kita juga harus tetap bijak dalam penggunaan dan pengelolaannya. Pastikan untuk terus menjaga bumi dan kebersihannya, agar sumber daya yang melimpah itu juga bisa digunakan generasi mendatang tanpa harus mengalami kelangkaan akibat pendahulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *