Inilah Contoh Lengkap Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Posted on

Bumi, planet yang kita tinggali ini dibagi menjadi 2 wilayah meliputi perairan dan daratan. Masing-masing wilayah punya ekosistem, tugas kita sebagai manusia adalah menjaga kelangsungan hidup di dalamnya. Ekosistem merupakan tempat bertemu dan berinteraksi antara unsur di dalamnya (biotik dan antibiotik). Sama seperti jenis wilayah, ekosistem juga dibedakan menjadi 2, meliputi ekosistem air dan daratan.

Sesuai dengan namanya, ekosistem daratanĀ  berarti habitat ada di wilayah daratan seperti hutan musim, hutan hujan, hutan taiga, rundra, gurun, sabana, padang rumput dan lain-lain. Sementara ekosistem perairan dibagi lagi menjadi 2, meliputi air laut dan air tawar. Contoh dari ekosistem air tawar adalah danau, rawa-rawa, dan sungkai. Sementara untuk air laut misalnya terumbu karang, pantai, dan laut dalam.

Tiap ekosistem pasti mengandung sumber daya alam yang punya peranan penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Sumber daya tersebut ada yang bisa diperbarui karena jumlahnya yang melimpah dan tidak bisa diperbarui karena jumlahnya yang terbatas.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SDA yang bisa diperbarui karena jumlahnya tidak terbatas meski digunakan terus menerus. Sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, maupun dijadikan energi alternatif untuk menggantikan SDA yang tidak bisa diperbarui. Beberapa contoh dari SDA yang bisa diperbarui sebagai berikut.

1. Matahari

Digunakan terus menerus, tapi sinar matahari tidak pernah kehabisan energi. Ya, matahari adalah jenis bintang yang menjadi pusat galaksi yang kita tinggali (Bima Sakti). Sinar matahari ini banyak digunakan manusia sebagai salah satu sumber energi pada pemanas ruangan, atau menghidupkan pemanas air. Kini, sinar matahari bahkan bisa dijadikan energi alternatif untuk membangkitkan listrik dengan dampaknya yang lebih ramah lingkungan.

2. Angin

Udara yang bisa bergerak disebut dengan angin. Biasanya, angin dimanfaatkan untuk sumber energi alternatif pada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Angin), serta bisa juga untuk dipakai di sistem pengairan.

3. Air

Jumlahnya sangat banyak, apalagi Indonesia juga memiliki musim hujan yang bisa menjadi salah satu sumber untuk keberadaan air. Di Indonesia, air biasanya dipakai untuk membangkitkan listrik. Tapi juga dipakai untuk kehidupan sehari-hari seperti pangan, pertanian, aktivitas rumah tangga, dll.

4. Tanah

Sama seperti air, jumlah tanah juga melimpah dan digunakan untuk berbagai hal seperti perkebunan, pertanian, hingga pembangunan. Beberapa wilayah di Indonesia bahkan bisa menggunakan tanah atau pasir untuk pengganti minyak ketika menggoreng kerupuk. Ada juga yang menggunakan tanah sebagai alas untuk tidur.

3. Tumbuhan

Makhluk hidup yang tinggal di bumi selain manusia dan hewan, adalah tumbuhan. Karena bisa tumbuh dan berkembang biak, maka tumbuhan termasuk SDA yang bisa diperbarui baik karena usahanya sendiri maupun menggunakan upaya manusia.

4. Hewan

Sama seperti tumbuhan, hewan bisa berkembang biak dengan naluriahnya sendiri atau menggunakan bantuan manusia melalui ternak misalnya. Keberadaan hewan juga berfungsi untuk kehidupan sehari-hari, misalnya kerbau yang digunakan untuk membajak sawah, atau beberapa hewan yang bisa dijadikan bahan untuk pembuatan obat.

5. Ombak

Air laut yang menggulung karena perbedaan tekanan pada air laut dan tiupan angin disebut dengan ombak. Jumlahnya banyak, dan bisa digunakan untuk sumber pembangkit tenaga listrik. Biasanya diterapkan untuk mercusuar yang terletak di tebing pantai.

6. Pasang dan Surut Air Laut

Tidak hanya berfungsi untuk membantu nelayan berlayar, ternyata jika dikelola dengan tepat, pasang dan surut air laut bisa juga dipakai untuk sumber dari tenaga listri. Sehingga metode ini nantinya bisa membantu supply atau pasokan listrik untuk wilayah yang ada di pesisir pantai yang biasanya belum terjamah aliran listrik.

7. Biomassa

Makhluk hidup yang mati pasti meninggalkan sisa dan disebut dengan biomassa. Sisa tersebut biasanya bisa dimanfaatkan manusia, misalnya sisa kulit dan serbuk kayu yang bisa digunakan untuk pembuatan mabel. Atau sisa dari rumput kering bisa juga digunakan untuk pembuatan pupuk kompos.

8. Geotermal

Energi yang asalnya dariĀ  panas bumi disebut dengan geotermal. Oleh sebab itu, biasanya energi ini dijadikan sebagai sumber alternatif untuk pembangkit tenaga listrik.

9. Nuklir

Terakhir adalah energi buatan yang dibuat melalui proses pemecahanĀ  atom dan disebut nuklir. Di Jepang, nuklir biasa digunakan untuk pembangkit listrik. Tapi juga menyimpan resiko karena ledakannya yang berbahaya.

Itulah contoh sumber daya alam yang bsa diperbarui. Meski sudah jelas tidak akan habis karena jumlahnya melimpah, namun kemungkinan kelangkaan SDA juga bisa terjadi. Oleh sebab itu, kita juga harus tetap bijak dan tidak berlebihan dalam penggunaannya, serta ikut serta dalam pelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *