Kerjasama Regional: Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Posted on

Manusia itu makhluk sosial, dan tidak akan bisa menjauh dari kehidupan bertetangga. Semandiri apapun manusia, pasti akan tiba masa ketika membutuhkan bantuan orang lain. Hal yang sama berlaku untuk negara, dalam hal ini bantuan yang dimaksud bisa berupa hubungan baik. Tidak ada negara yang bisa berkembang dan maju tanpa memiliki hubungan yang baik dengan negara lain.

Hubungan antar negara bisa berupa terselenggaranya kerjasama di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, teknologi, dan masih banyak lagi. Selengkapnya bisa disimak melalui penjelasan di bawah ini.

Jenis Hubungan Kerjasama antar  Negara

Pengelompokan kerjasama dapat diklasifikasikan menurut karakteristiknya, meliputi jumlah anggota dan wilayah.

Pengelompokan kerjasama berdasarkan wilayahnya terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  • Kerjasama internasional, dilakukan tanpa batasan wilayah antar negara
  • Kerjasama regional, hanya dilakukan antar negara yang terletak di 1 kawasan, misalnya kerjasama antar negara di Asia Tenggara

Pengelompokan kerjasama berdasarkan total atau jumlah anggota terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  • Kerjasama bilateral, kerjasama hanya 2 negara
  • Kerjasama multilateral, partisipan kerjasama antar negara lebih dari 2

Di kesempatan kali ini, topik yang akan dibahas lebih spesifik yaitu kerjasama regional. Mulai dari pengertian, tujuan, hingga manfaatnya yang bisa disimak melalui penjelasan di bawah ini.

Kerjasama Regional

Pengertian Kerjasama Regional adalah kerjasama hanya dilakukan antar negara yang terletak di 1 kawasan, misalnya kerjasama antar negara di Asia Tenggara. Atau dapat diartikan, kerjasama regional ini melibatkan 1 negara dengan negara tetangga lainnya. Karena penyelenggaraannya berdasarkan kedekatan wilayah, tentu ada tujuan tersendiri yang ingin dicapai.

Pokok Bahasan dari Kerjasama Regional

Tidak ada yang paten terkait isi kerjasama atau perjanjian regional. Karena mutlak menjadi hak para peserta perjanjian. Tapi, secara umum kerjasama regional punya beberapa pokok bahasan yang selanjutnya akan menjadi titik awal pembuatan kebijakan seperti yang dicontohkan berikut ini.

  • Pembentukan kawasan untuk perdagangan bebas, caranya bisa dengan menghilangkan atau tidak menarik biaya bea masuk yang didatangkan dari negara anggota perjanjian. Hal ini dilakukan guna meningkatkan atau menaikkan skala pasar yang lebih besar (internasional)
  • Proteksi terhadap usaha dalam negeri, karena persaingan terus terjadi dan bisa datang dari mana saja, maka pemerintah harus melakukan upaya perlindungan terhadap usaha domestik dengan melakukan kerjasama
  • Penetapan aturan atau perjanjian investasi, kebijakan ini biasanya dilakukan guna menguatkan posisi negara anggota ketika melakukan tawar menawar menghadapi negara lainnya yang  lebih maju

Dapat ditarik kesimpulan, penyelenggaraan kerjasama regional ini memang untuk membuat kebijakan yang bisa meningkatkan kesejahteraan negara anggotanya.

Tujuan Penyelenggaraan Kerjasama Regional

Masing-masing negara punya tujuan yang berbeda ketika melakukan kerjasama regional. Tujuan berdasarkan kepentingan wilayah masing-masing, namun secara umum tujuan penyelenggaraan kerjasama regional adalah sebagai berikut.

  • Guna mengenalkan produk domestik
  • Guna memasarkan produk domestik
  • Guna memenuhi bahan kebutuhan yang tidak bisa diproduksi sendiri
  • Guna menjaga serta meningkatkan stabilitas wilayah atau kawasan
  • Guna mempererat atau meningkatkan relasi ekonomi antar negara anggota
  • Guna menguatkan hubungan persahabatan sesama negara anggota

Manfaat Penyelenggaraan Kerjasama Regional

Setiap penyelenggaraan kerjasama regional pasti akan menghasilkan dampak positif yang bisa dirasakan manfaatnya seperti contoh berikut ini.

  • Meningkatkan keuntungan negara

Karena salah satu tujuan dari kerjasama regional adalah memasarkan produk dari dalam negeri, otomatis ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan keuntungan negara. Jika demikian, maka bukan hal yang mustahil untuk membuat hubungan perdagangan jadi semakin luas dengan keuntungan yang lebih besar.

  • Membuat hubungan yang terjalin semakin erat

Kerjasama regional juga bisa membuat hubungan antar negara anggota jadi semakin erat atau bisa dikatakan bersahabat. Sehingga, jika ada hal buruk yang menimpa salah satu negara anggota seperti bencana alam, maka negara anggota lainnya akan memberikan bantuan tanpa diminta.

  • Memasarkan produk domestik

Kerjasama regional ini juga menjadi kesempatan untuk promosi produk lokal. Sehingga tujuan untuk meningkatkan daya jual bisa lebih mendekat untuk tercapai.

  • Kesejahteraan ekonomi semakin meningkat

Ketika negara melakukan kerjasama regional, harapannya dapat membuah kesejahteraan ekonominya jadi meningkat. Hal ini disebabkan karena ada kemudahan untuk mendapatkan barang atau bahan yang tidak diproduksi sendiri tapi dibutuhkan. Wujudnya bisa berupa kebijakan untuk impor kopi yang sedang dilakukan Indonesia saat ini sebagai penghasil kopi paling besar di dunia.

  • Ilmu pengetahuan serta teknologi semakin meningkat

Kerjasama ini juga bisa menjadi ajang untuk berbagi wawasan dan teknologi terbaru yang digunakan oleh negara anggota. Kemudian bisa dijadikan contoh dan dicoba penerapannya untuk dalam negeri.

  • Mewujudkan perdamaian dan ketertiban di kawasan

Ketegangan bisa saja terjadi akibat hidup bertetangga. Namun bisa diminimalisir dan dijaga stabilitasnya jika kerjasama regional terus dilakukan dan mencapai kesepakatan baik antar negara anggota.

Contoh Kerjasama Regional

Ada beberapa contoh kerjasama  regional yang pernah terselenggara di dunia. Beberapa contohnya akan admin ulas secara singkat di bawah ini.

  • ASEAN singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara dengan Indonesia (Ir. Soekarno) sebagai salah satu pelopornya.
  • EU singkatan dari European Union atau Uni Eropa terdiri dari negara yang ada di kawasan Eropa. Bergerka di bidang pemerintahan seperti badan otonom yang ada di antara organisasi internasional dan negara federal.
  • AFTA singkatan dari ASEAN Free Trade Area dengan fokus utamanya di bidang perdagangan  bebas untuk negara yang menjadi anggota ASEAN.
  • NAFTA singkatan dari North America Free Trade Area sama seperti AFTA hanya berbeda kawasan, yaitu di Amerika Utara.

Nah, itulah penjelasan yang bisa admin sampaikan terkait kerjasama regional lengkap dengan tujuan, manfaat, dan contohnya. Meski tidak disebutkan semua, tapi semoga informasi yang admin bagikan bisa bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *