Kisah Bocah Pemulung yang Dapat Beasiswa Kuliah di Australia

Posted on

Pendidikan milik semua orang, ungkapan ini sepenuhnya tepat. Dan tidak salah. Bahkan di seluruh belahan dunia ini, orang mengupayakan agar Anak-anaknya sekolah sampai ke jenjang paling tinggi. Nah, beberapa waktu yang lalu, di sosial media beredar cerita menarik dan mengharukan.

Cerita datang dari Kambojha, mengenai kisah anak pemulung yang dapat beasiswa kuliah di Australia. Kisahnya berhasil membuat para Netizen takjub sekaligus menangis.

Namanya Sophy Ron, ia sehari-hari adalah pemulung. Dan kini ia dapat beasiswa di Trinity College, Australia. Bahkan kabarnya beasiswa yang ia dapatkan adalah full. Sehingga ia tidak akan mengeluarkan biaya sedikitpun karena semuanya ditanggung oleh pihak Trinity Collge.

Tertari dengan kisahnya sampai bisa sekolah di Melbourne, Australia? mari kita simak kisah selengkapnya.

1. Sehari-hari Memulung

Sophy Ron adalah anak pemulung, dan ia sehari-hari menghabiskan waktu untuk memilah sampah di daerah sampah terbesar di Kamboja. Sophy Ron diselematkan oleh lembaga peduli anak terlantar dan putus sekolah Kamboja. Bahkan Sophy sampai usia 1 1 tahun tidak mengenyamn pendidikan sama sekali.

Semuanya dilakukan untuk membantu orang tuanya mencari duit. Tapi nasib mengubah segalanya, ia pun kini lebih ceria dalam senyumannya.

2. Dapat Kesempatan pidato kelulusan

Di Trinity College, ia diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato wisuda kelulusan dalam bahasa inggris. Berbeda banget dengan masa lalunya yang menyakitkan dan kelam.

Kini ia merasa tidak menyangka, bahkan dalam pidatonya ia mengatakan serasa di alam mimpi bisa melakukan segalanya, apalagi ia ingat betul kalau dirinya hanya pemulung.

3. Sophy Kembali ke Kamboja untuk membangun negaranya

Ia bukan kacang lupa sama kulit. Makanya, ketika ia berhasil lulus dengan preditkat terbaik ia memilih pulang ke negaranya dan membangun negaranya, serta mengkampanyekan pentingnya pendidikan untuk anak.

Jika dulu ia mencari dan berharap ada makanan sisa yang dibuang orang, kini posisinya terbalik dan akan menjadi pelindung bagi mereka yang lemah serta tidak berpendidikan.

Sophy Ron adalah 1 dari sekian anak yang beruntung karena mendapatkan Dana Anak Kamboja yang digagas oleh pemerintah dan beberapa LSM lokal. Dari kisah sukses Sophy, sekarang banyak anak di Kamboja yang ingin sepertinya.

Nah, pendidikan adalah milik kita semua, milik ummat manusia maka jangan ragu lagi. Sekolah setinggi langit, jangan takut jatuh karena jika jatuh kamu akan ada di antara bintang.

Sekian informasi yang bisa admin hadirkan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *