Pengertian Pendidikan Karakter Secara Umum & Menurut Para Ahli

Posted on

Pendidikan karakter adalah konsep pembentukan moral melalui metode dan aturan tertentu. Yang kemudian akan membantuk sebuah ciri khas, aga bisa memahami percakapan, dan reaksi lainnya, dengan reaksi baik. Pendidikan karakter adalah fokus utama dan tujuan akhir dari sebuah pendidikan baik dasar atau pun lanjut.

Dari sejak zaman dahulu hingga sekarang, pendidikan bertujuan membentuk karakter seseorang. Bahkan agama apapun tujuannya ada untuk membentuk pemeluknya menjadi sedemikian rupa sesuai standar dari agama tersebut. Pendidikan karakter juga digalakkan di seluruh dunia. Baik negara jauh atau dekat. Indonesia pun sama. Salah satu tujuan dari pendidikan adalah membentuk karakter.

Lalu apa sih pendidikan karakter Menurut para ahli?

Di masa sekarang, pendidikan karakter lebih ke teknik mengatasi krisi moral yang ada di masyarakat. Dan pendidikan ini disebut dengan moral education. Sangat relevan dengan zaman, di mana moral semakin teregerus bahkan hilang. Tergerusnya moral tersebut ditandai dengan meningkatnya kekerasan pada anak, sex bebas, bahkan pembunuhan yang banyak terjadi di Indonesia. Selain itu, penyalahgunaan narkoba dan pornography yang marak juga menjadi penanda tergerusnya akhlak sebuah bangsa.

Di sisi lain, pemerintah mencanangkan pendidikan wajib pun belum bisa mengatasinya. Maka dari itu diperlukan adanya penguatan dalam moral edukasi. Dengan ini diharapkan akan menjadi modal untuk mengembalikan moral anak bangsa.

Bicara mengenai pendidikan karkater, kita tidak bisa melepaskan dari definisi para ahli. Sehingga kita wajib menghadirkan definisi dari ahli. Pendidikan karakter menurut Lickona adalah konsep perubahan moral yang akan mengubah perilaku seseorang melalui sebuah jalan pendidikan.

Pendidikan karakter harus mencakup Moral Knownning, Moral felling, Moral Behaviour. Sehingga sebuah perubahan karakter seharusnya didukung dengan pengetahuan tentang kebaikan itu sendiri. Sebagai contoh, memberi adalah baik menurut agama. Makanya  konsep perubahan harus dimulai dari pengajaran agama.

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Dunia

Agar lebih lengkap, sekarang kita akan berikan juga ulasan definisi pendidikan karakter menurut para ahli. Kita mulai dari pertama!

Pendidikan Karakter Menurut Kamus Psikologi

Karakter merupakan kerpibadian. Ditinjau dari moral ataupun titik tolak etisnya. Sehingga karakter contohnya adalah kejujuran, dan juga sifat positif yang lainnya.

Pendidikan Karakter Menurut Kertajaya

Pendorong untuk bertindak, bagi seseorang. Sehingga karakter adalah cirri khas yang melekat pada individu, benda atau sekelompok orang. Karakter inilah yang akan memunculkan dorongan respon, baik sikap, perbincangan atau semisalnya.

Pendidikan Karakter Menurut Suyanto

Cara khas dalam berfikir seseorang, kelompok, di sebuah keluarga, daerah, negara. Sehingga karakter merupakan bawaan lahir dan juga hasil bentukan dari lingkungan.

Pendidikan Karakter Menurut Lickona

Thomas Lickona mengatakan, pendidikan karakter adalah usaha untuk membentuk seseorang atau sekelompok orang untuk memahami inti dari etika atau hal mendasar.

Nah, nilai dari pendidikan karakter ada banyak sekali. Semuanya bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Religius
  2. Jujur
  3. Toleransi
  4. Disiplin
  5. Kerja Keras
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Demokratis
  9. Rasa Ingin Tahu
  10. Semangat Kebangsaan
  11. Cinta tanah air
  12. Menghargai prestasi
  13. Bersahabat/komunikatif
  14. Cinta Damai
  15. Gemar membaca
  16. Peduli lingkungan
  17. Peduli social
  18. Tanggung jawab.

Pendidikan karakter sejak dahulu kala sudah menjadi perhatian di berbagai belahan dunia. Termasuk Indonesia pun begitu. Sehingga pendidikan disebut juga sebagai inti pendidikan dasar dan tingkat lanjut, seharusnya.

Itulah informasi yang bisa admin hadirkan mengenai pendidikan karakter. Dan sekarang admin akhiri dulu sampai di sini. Semga informmasi ringkas ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *