Pengertian Peta Kontur, Garis Kontur, dan Manfaatnya

Posted on

Salah satu topik yang dibahas di matapelajaran Geografi tingkat SMP adalah peta kontur. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya yang dimaksud dengan peta kontur? Apa manfaatnya? Di sinilah kamu bisa menemukan jawabannya dengan singkat dan jelas. Check this out!

Pengertian Peta Kontur

Peta kontur adalah peta yang termasuk dalam salah satu jenis peta yang memiliki garis kontur di dalamnya dengan fungsi menggambarkan titik ketinggian sebuah tempat atau wilayah di permukaan  bumi.

Pengertian Garis Kontur

Garis kontur adalah garis imajinasi yang dipakai di peta untuk merepresentasikan permukaan bumi yang memiliki ketinggian sama. Garis kontur bisa digunakan untuk memberikan informasi seputar relief bumi yang disajikan secara relatif dan absolut.

Secara relatif, garis kontur memberi gambaran tentang kondisi dari relief bumi. Sementara secara absolut, garis kontur memberikan informasi tentang titik ketinggian yang pengukurannya dilakukan dari permukaan air laut (rata-rata).

Garis kontur biasanya memiliki karakteristik seperti sifat horizontal, berupa kurva tertutup yang tidak pernah berpotongan, lereng curam digambarkan dengan kontur yang lebih rapat, dan tegak lurus terhadap air yang mengalir.

Manfaat Peta Kontur

Jika garis kontur berfungsi untuk menghubungkan ketinggian wilayah yang sama menggunakan titik-titik, maka manfaat peta kontur  adalah peta yang berfungsi untuk menggambarkan sebagian bentu dari permukaan bumi memakai garis kontur dengan sifat alaminya.

Adapun manfaat yang dihasilkan dari penggunaan peta kontur ini bisa disebutkan secara khusus, sebagai pemberi data atau informasi tentang ketinggian sebuah tempat atau daerah di permukaan bumi dengan beragam bentuknya seperti lereng cembung, cekung. Selain itu juga memberi informasi kemiringan terjal atau landai dari lereng.

Pada bidang tertentu, data yang dicantumkan dalam peta kontur selalu dianggap penting dan kegunaannya bisa untuk memudahkan kegiatan seperti penelitian dan analisa.

Begitulah yang bisa admin sampaikan tentang garis dan peta kontur. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan. Admin mau ijin pamit dulu, tapi tenang aja nanti juga akan dilanjutkan lagi dengan topik lainnya yang pasti bermanfaat untuk kebutuhan studimu. Sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *