Pengertian Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Contohnya

Posted on

SDA (Sumber Daya Alam) merupakan hasil alam yang dapat dimanfaatkan manusia. Secara umum, SDA dibagi jadi 2, yaitu tidak bisa diperbaharui dan bisa diperbaharui. Berdasarkan jenis tersebut, masing-masing SDA punya cara berbeda untuk melestarikannya.

SDA dapat diperbaharuiBisa dipakai terus menerusMenggunakan bantuan manusiaHewan, air, tumbuhan, dll
SDA tidak dapat diperbaharuiPenggunaannya terbatasMurni berasal dari alamBatu bara, emas, minyak tanah, gas bumi, dll

Dilihat dari tabel di atas, jelas sekali perbedaan antara 2 SDA. Sementara satunya bisa diperbaharui dan bisa digunakan terus menerus, sebagian yang lain justru tidak dapat diperbaharui dan harus terbatas penggunaannya. Oleh sebab itu, manusia harus memikirkan alternatif lain jika berkaitan dengan SDA yang tidak bisa diperbaharui.

Pengertian Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam yang tidak bisa diperbarui adalah sebagai material atau sumber daya dari alam yang dapat punah atau habis apabila digunakan secara terus menerus. Kepunahan atau kerusakan tersebut disebabkan oleh lamanya waktu yang dibutuhkan (jutaan tahun) bagi alam untuk membuatnya kembali. Karena keterbatasan tersebut, sudah pasti jika SDA terus digunakan bisa membuatnya berkurang dan perlahan habis bahkan punah.

Contoh alternatif lain yang dimaksud adalah jika cadangan bensin jadi menipis, kita bisa memulai untuk mengganti penggunaan bensin dengan bahan bakar lainnya seperti biogas. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja jenis dari SDA beserta contohnya.

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

1. Intan

Merupakan SDA yang tidak bisa diperbaharui. Menarik untuk digunakan sebagai bahan perhiasan. Intan ini menrupakan salah satu jenis batuan terkeras, seperti yang dikemukakan ilmuwan ketika melakukan uji coba pemotongan kaca menggunakan intan.

2. Batubara

Batubara seringkali dijadikan perdagangan, batu bara masih tergolong dalam SDA terbatas sebab tidak bisa diperbaharui. Batuan ini punya kandungan bahan mudah terbakar. Proses terbentunknya diawal dari bentuk gambut akibat sisa tumbuhan yang mengendap.

Setelah waktu panjang pengendapan itu, ada tekanan yang terjadi dan menimbulkan pergerakan tanah. Hasil yang tercipta dari kumpulan gambut adalah cikal bakal batu bara. Bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia, karena bisa dijadikan untuk bahan bakar KA, kapal laut, hingga energi untuk pembangkit listrik.

3. Gas Bumi

Gas bumi ini bermanfaat karena bisa menghasilkan energi yang berfungsi untuk daya atau pembangkit listrik, bahan bakar memasak, serta bahan bakar untuk penggerak mesin. Samahalnya dengan mendapatkan minyak bumi, letak dari gas bumi juga berasal dari sumber yang sama.

Salah satu cara alternatif yang sudah ditemukan untuk SDA gas bumi ini adalah mengurangi pemakaiannya atau berupaya untuk mencari penggantinya. Apakah kita sudah berhasil mewujudkannya?

4. Minyak Bumi

Karena berasal dari fosil di zaman purba (makhluk hidup), minyak bumi jelas tidak bisa diperbarui. Butuh waktu jutaan tahun agar bisa kembali lagi. Padahal hasil olahan dari SDA minyak bumi ini dipakai sangat sering oleh manusia untuk aktivitas sehari-hari. Contohnya sebagai sumber daya listrik, menggerakkan mesin, dll.

5. Besi

Besi, sifatnya yang keras, padat, serta bisa menahan berat, akhirnya kini dijadikan sebagai bahan utama untuk mendirikan bangunan. Besi ini keras karena dibuat dari campuran biji besi dan partikel kecil seperti timah, nikel, dll.

6. Batu Alam Mahal

Kalau disebutkan dengan nama batu alam mahal, mungkin masih ada yang bingung. Tapi bagaimana jika disebut dengan perunggu, perak, atau emas? Pasti sudah familiar kan?  Itulah beberapa contoh dari batu alam dengan nilai jual yang mahal. Meski emas yang digunakan untuk perhiasan, tidak akan punah, tapi untuk emas muni yang berasal dari alam tidak ada lagi sebab dari stoknya (perut bumi) sudah tidak dapat diperbarui.

7. Batu Granit

Batuan ini sudah melewati tahapan atau proses lama, dan diklasifikasikan menjadi golongan batuan beku. Prosesnya diawali dengan mengerasnya batuan kecil pada lapisan luar bumi (kerak) akibat rendahnya suhu di bagian atas magma. Proses membekunya granit ini terjadi ketika magma ada di bagian atas permukaan. Karena panjangnya proses pembentukan, batu ini akan sulit untuk diperbarui manusia. Padahal, sampai artikel ini ditulis, batu granit adalah batuan yang sering ditambang. Nggak heran dong kalau akan cepat punah.

Nah, itulah beberapa contoh serta pengertian sumber daya alam (SDA) yang tidak dapat diperbarui manusia. Semoga tulisan ini tidak hanya menyajikan materi, tapi juga membuat kita sadar untuk lebih bijak dalam penggunaanya dan menjawab pertanyaan seperti “Jelaskan pengertian sumber daya alam yang dapat diperbarui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *