7 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Beserta Fungsinya

Posted on

Apa  Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan?

Setiap mahluk memiliki sel. Hewan dan tumbuhan juga sama. Namun keduanya memiliki bentuk sel berbeda. Hewan memiliki sel lebih kecil dengan bentuk tidak tetap. Meski begitu dia memiliki Lisosom dan Sentrosom. Akan tetapi tidak memiliki dinding sel, plastid, Vakuola. Sedangkan tumbuhan selnya lebih besar, tidak berubah dalam bentuk, memiliki pasltid, Vakjuola, dan dinding sel. Serta memiliki Sentrosom dan Lisosom.

Akan tetapi, untuk mengertahui lebih dalam, perlu untuk mengajinya, karena baik tumbuhan maupun hewan memiliki jenis dan juga sel berbeda. Sehingga dengan mengkaji akan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan komprehenship.

Karena untuk membedahnya, perlu ulasan panjang dan rinci. Sehingga akan diketahui dengan jelas mengenai perbedaan keduannya. Karena Anda tidak akan tahu bedanya dengan mata telanjang saja. Sekilas kita akan dapati perbedaan mencolok pada tumbuhan dan hewan. Tumbuhan tidak dapat bergerak, sifatnya kaku. Sedangkan Hewan bisa. Tentu saja ini menjadi tanda tanya besar, karena keduanya adalah mahluk hidup.

Kenapa tumbuhan bisa kaku?

Karena sel tumbuhan berbeda dengan hewan. Sel tumbuhan kaku, sedangkan sel hewan tidak. Inilah alasan mencolok yang bisa Anda pahami.

Sel tumbuhan  memiliki dinding sel yang keras, sehingga ia kaku. Lain dengan dinding sel hewan yang fleksibel, makanya ia bisa bergerak dan berjalan. Serta berubah-ubah.

Agar lebih jelas, silakan cek gambar di bawah ini!

Pada gambar diatas, sudah dijelaskan perbedaannya. Sehingga seharusnya Anda sudah paham. Namun jika belum paham, mari ikuti perbedaan secara tertulis di bawah ini.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Silakan simak tabel di bawah ini tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, agar lebih lengkap dalam memahami.

NoSel TumbuhanNoSel Hewan
1Ukuran sel tumbuhan lebih besar1Sel hewan lebih kecil 
2Memiliki plastid (kloroplas)2Tidak memiliki plastid 
3Ada dinding sel dan membran sel3Tidak memiliki dinding sel
4Tidak Memiliki Limoson4Tidak memiliki limosom
5Tidak punya Sentrasoom5Memiliki Sentrasom
6Bentuknya tetap6Bentuk tidak tetap
7Vakuola ukuran besar dan biasanya berjumlah banya7Tidak punya Vakuola

Penjelasan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan lengkap dengan fungsinya sebagai berikut:

1. Sel tumbuhan dan hewan beda secara bentuk. Sel tumbuhan lebih besar dan bentuknya persegi panjang sedangkan hewan bentuknya lebih cenderung bulat

2. Vakuola. Disebut juga dengan gudang sell, dia ada di setiap sell tumbuhan. Memiliki kandungan air dan zat sisa, serta cadangan  makan dan zat lainnya.

3. Sentriol.  Hanya ada di sell hewan. dia membantu pergerakan kromosom pada pembelahan sell.

4. Dinding sel. Pada tumbuhan berfungsi untuk mempertahankan gaya atau bentuk sell. Serta memberikan perlindungan pada sel. Terdiri dari Selulosa, Hemiselulosa.

5. Plastida atau Kloroplas. Berfugsi untuk tempat fotosintesis, Kloroplas adalah zat hijau daun yang sangat penting, berada di daun. Sedangkjan Plastisida adalah menjadikan tumbuhan bisa membuat makanan sendiri.

6. Lisosom., Mengandung Enzim untuk pencernaan intra dalam pemecahan zat dalam hewan. Tidak ada pada tumbuhan. Karena Lisososm dan Sitoplasma hany ada di hewan.

Nah, itulah kajian mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dalam bentuk tabel dan gambar lengkap. Semoga ringkasan ini berguna untuk Anda semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *