Pidato Singkat: Pengertian & Contoh Pidato Singkat Terbaru Terlengkap!

Posted on

Pidato adalah cara komunikasi 1 arah antara orator dan pendengar. Biasanya pidato berisi ide, gagaasan, yang akan disampaikan dalam sebuah acara atau kesempatan. Dari pidato tersebut diharapkan bisa mengubah pola pikir, kondisi dan keadaan yang ada kepada ide yang disampaikan oleh orator. Sehingga pidato adalah bentuk komunikasi 1 arah yang harusnya efektif.

Untuk lebih jelasnya, dalam kesempatan kali ini admin akan ulas mengenai pengertian pidato sekaligus contohnya. Pidato dari banyak sisi adalah penyampaikan idea tau maksud demi tercapainya sebuah tujuan yang ada. Pidato sejak dulu digunakan untuk acara resmi, dan oleh banyak kalangan atau individual.

Dalam prakteknya, setiap individu punya cara tesrendiri dalam menyampaikan pidatonya. Bahkan jika Anda seorang pemula sekalipun. Makanya, mantap saja dan jangan ragu. Namun agar lebih lancar, selain beratih Anda juga butuh contoh. Makanya, kali ini admin akan hadirkan contoh pidato yang baik dan benar. Sesuai dengan kaidah, dan admin akan berikan  8 contoh.

Dalam bahasa Indonesia, dikenal istilah pidato singkat. Dan beberapa contoh serta rujukan yang akan admin hadirkan adalah pidato singkat. Maka, jangan sampai salah lagi ya! nah apa saja sih contohnya, mari kita simak selengkapnya saja.

Pengertian Pidato Secara Umum

Pengertian pidato adalah kegiatan menyampaikan ide, pendapat, gagasan kepada khalayak dengan tujuan perubahan menurut ide, gagasan, pendapat dari si penyampai pidato. Penyampai pidato dalam hal ini disebut sebagai orator. Pidato secara  umum terbagi jadi dua, panjang dan pendek. Pidato pendek seringkali disebut pidato singkat. Pidato jenis ini banyak disukai orang. Karena singkat dan padat, serta tidak menyita waktu.

Pengertian Pidato Singkat

Pidato singkat adalah salah satu jenis aktivitas berbicara yang dilakukan di depan publik. Bisa juga disebut dengan orasi guna mengemukakan pendapat atau menjelaskan gambaran sesuatu.

Biasanya, pidato singkat akan disampaikan oleh orator (orang yang melakukan orasi) dengan tema yang sudah ditentukan. Ini adalah sala satu topik yang diajarkan melalui matapelajaran bahasa Indonesia

Fungsi Pidato Singkat

  • Ada beberapa fungsi dari pidato singkat ini. Bahkan, banyak yang menyebut kalau pidato singkat lebih baik dan lebih mudah dicerna. Adapun fungsinya adalah:
  • Mempermudah komunikasi baik sesama anggota, atasan dan bawahan.
  • Menciptakan suasan yang nyaman dan terkendali
  • Tidak membuat bosan
  • Fokus pada point yang akan disampaikan

Di dalam pidato singkat, kemampuan persuasif lebih diunggulkan. Dan memang Anda harus paham akan hal itu. Pidato singkat juga lebih bisa diandalkan dalam komunikasi dan membangun karakter serta menggiring opini.

Metode dalam Menyusun Pidato singkat

Ada beberapa metode yang wajib Anda kuasai dalam menyusun dan membacakannnya. Beberapa metode tersebut adalah:

  1. Menggunakan garis besar
  2. Pidato dengan membaca
  3. Anda harus menghapal dahulu
  4. Di sini Anda bisa serta merta, tanpa persiapan sama sekali.

Pidato singkat biasa dipakai oleh banyak kalangan. Diantaranya adalah

  1. Pimpinan organisasi
  2. Pejabat negara
  3. Menenangkan massa

Pidato singkat biasanya hanya 1-2 halaman saja. Dan memang pidato singkat ini sangat ringkas serta langsung pada intinya saja. Tidak banyak kalimat pembuka yang dipakai. Agar lebih lengkap, mari kita simak contoh-contohnya saja.

Contoh Pidato Singkat Lengkap 

Contoh Pidato Tentang Pentingnya Teknologi Internet 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, Ashalatu wassalamu ala rasulillah waala alihi ashabihi ajmain, amma ba’ad.

Pertama-tama, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Azza Wajalla. Sebab, sampai detik ini  kita diberikan rahmat dan ridha-Nya, oleh karena itu kita dapat berkumpul dalam keaadaan sehat wal afiat tak kurang suatu apa

Untuk teman-teman semua, saya ucapkan terima kasih banget. Karena sudah mau meluangkan waktu. Sebab dalam kesempatan ini mau datang ke sini.

Teman-teman semua.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato ringkas mengenai pentingnya teknologi internet untuk bisnis dan kehidupan di masa kini.

Kita semua tahu, internet di zaman sekarang menjadi kebutuhan. Karena itulah lahir istilah industry 4.0. Di mana kemudahan dalam kehidupan sangat didukung dengan internet. Bahkan, semua lini dan sector bisnis didukung dengan internet. Database manusia terhubung melalui internet. Padahal jarak dan waktu yang begitu jauh.

Dahulu, internet hanya dipakai untuk hal tertentu saja. Di zaman ini fungsinya bukan Cuma untuk sosialisasi, namun juga untuk bisnis. Sehingga kita penting banget tahu cara menggunakannya.

Jika dulu mengabarkan pada saudara di luar pulau butuh setidaknya 7 hari, sekarang hanya dalam hitungan detik. Sehingga kita sangat dimanjakan. Selain itu, Gofood, Grabfood dan moda bisnis online juga muncul dengan sangat baik membantu UMKM. Makanya, marilah kita gunakan teknologi internet untuk ang positif. Jangan Cuma Facebook kan tapi juga dipakai untuk menjalin networking.

Jadi, mulai sekarang marilah kita gunakan teknologi ini untuk bisnis, demi memajukan perusahaan kita ini. Setelahnya, saya ucapkan terima kasih, kiranya cukup sekian dulu ya!

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum warahamtullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah hamda katisiron thoyyiban mubarakan fiih. Kaamaa yuhibbu rabbuna wayardho Asyahdu anal ilaha ilallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu warasululu, la nabiyya bakda. Amma ba’ad.

Puiji syukur kita haturkan kepada Allah yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua. Sebab di hari ini kita bisa berkumpul kembali di sini, pada kesempatan yang penuh berkah ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pidato ringkas dengan tema pentingnya cinta tanah air.  Satu pertanyaan yang sering kita dengar, wajibkah mencintai tanah air? Satu sisi kita bisa menjawab wajib. Karena kita tinggal di Indonesia, lahir di sini maka kita wajib mencintai tanah air kita ini.

Di sisi lain, tanah air adalah identitas kita. Maka sebagai pribumi kenapa kita tidak berbangga dengan apa yang kita miliki? Indonesia memiliki kekayaan yang melimpah. Mulai dari materi sampai non materi. Suku bangsa beragam sekali. Mulai dari sabang sampai merauke. Kita harus beresyukur atas semua pemberian Allah tersebut.

Kita memiliki semuanya di sini, di Indonesia. Sehingga kita wajib bangga, wajib cinta pada tanah air kita. Makanya, saya mengajak kepada teman-teman sekalian untuk cinta pada tanah air, dan marilah mulai sekarang kita memakai produk dalam negeri ini. Serta mulai memakai identitas kita.

Menutup pidato ini, saya ingin bertanya, sudahkah teman semua pahamn kesimpulan kenapa kita harus cinta pada tanah air kita? Pertama karena inilah identitas kita. Yang kedua, kita memiliki ragam budaya dan materi yang terkandung dalam bumi, yang tidak dimiliki bangsa lain. Kesimpulannya, kita akan cinta jika kita kenal. Makanya mari kita kenal Indonesia melalui produk dan lainnya.

Saya haturkan terima kasih atas kesediaan teman-teman semua mendengarkan pidato ringkas ini.  Wassalamualaikum Warahmatullahu Wabarakatuh

Contoh Pidato Tentang Disiplin

Haloo semua

Selamat siang untuk semua murid yang saya sayangi.

Puji dan syukur hanya pantas kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena DIALAH yang agung, dan maha menciptakan, serta memiliki semuanya. Dn karena kita masih diberikan keempatan bisa berkumpul dengan sehat di tempat ini.

Kepada bapak/ibu guru, serta murid sekalian. Saya haturkan terima kasih atas kesediannya hadir di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan pidato ringkas mengenai pentingnya disiplin di kalangan siswa.

Banyak sekali murid yang masih melanggar aturan. Padahal aturan dibuat demi kebaikan murid sendiri. Sehingga ini sangat memrihatinkan. Muridku semua, kalian harus tahu kalau kedisiplinan sangatlah penting. Dengan disiplin, kita bisa semaksimal mungkin belajar, dan mementuk karakter yang baik pada diri kita. Lalu kenapa kalian masih suka tidak patuh pada aturan?

Muridku sekalian,

Kalian harus pahami kalau disiplin sangatlah penting sehingga kalian harus memahami semua itu dengan baik. Mulai detik ini, saya harap kalian bisa menerapkan aturan yang sudah ditetapkan seperti datang tepat waktu, tidak membawa peralatan elektronik maupun lainnya. Dan jangan makan di kelas.

Untuk menjadi orang besar, kalian harus mulai dari yang kecil. Dan kalian harus membiasakan untuk menerapkan disiplin pada diri kalian. Mulai kapan? Mulai sekarang! Sekian pidato ringkas saya pada kesempatan kali ini. Demikian semoga bisa bermanfaat dan murid sekalian bisa menerapkan secara langsung. Mulai detik ini juga.

Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat berguna bagi kita semua. Terima kasih saya hanturkan sebelumnya.

Contoh Pidato Tentang Kenakalan Remaja

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi  Wabarakatuh

Pertama dan utama mari kita panjatkan puji dan syukur hanya ke hadirat Allah Azza wajalla. Berkat izin dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di sini, pada acara yang penuh bahagia ini.

Yang kami hormati  Bapak/Ibu, serta teman-teman semua yang saya cintai. Femomena kenalakan remaja sepertinya bukan hal yang baru.  Kita semua sudah mengetahuinya. Namun kenalakan remaja di zaman sekarang sudah berbeda. Bukan Cuma sekedar iseng, lebih ke kriminalitas. Sehingga wajib untuk kita ubah dengan semaksimal mungkin.

Untuk itu, penggalakkan akan moral education akan berdampak positif.

kita semua tentunya sudah mengetahui dan menyadari betapa banyaknya fenomena kenakalan remaja di sekitar kita. Perbedaan kenbalakan remaja zaman dulu dan sekarang sangat jauh. Jika dulu bentuk kenakalan remaja hanya sekedar bolos sekolah dan merokok, sekarang lebih parah. Mulai dari merokok, perzinaan, pencurian bahkan pencurian. Semuanya akibat dari salah pergaulan. Akses dunia teknologi tanpa batas, membuat kita semakin senang namun juga miris. Maka dari itu, kita wajib membenteni generasi kita dengan akhlak.

Padahal, masa remaja adalah bibit. Inti dari kehidupan, jika masa remaja salah didik, masa tua pun akan susah. Maka, gunakanlah masa-masa remaja Anda dengan hal-hal positif serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua serta nusa dan bangsa. bukan dengan bermain dan membuang waktu

 

Teman-teman semua. Mulai sekarang matilah kita selektif dalam pergaulan, jangan sampai salah jalan dan salah bergaul. Kita yang akan menyesal jika kelak kita salah atau kita rusak. Makanya, mari kita mawas diri. Jaga diri kita dengan akhlak dan pendidikan moral, serta agama yang kuat.

Sekian pidato ini, jika ada salah kata mohon untuk dimaafkan.  Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Tentang Kesehatan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk yang kami hormati Bapak/ibu, dan hadirin sekalian, yang saya cintai.

Pertama dan utama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Azza wajalla, yang telah memberikan kita taufiq dan hidayah, sertam rahmat-Nya. Karena dengan itu kita bisa berkumpul bersama di sini dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin memberikan pidato singkat berjudul “Pentingnya menjaga kesehatan sejak dini.” Maksud dan tujuan dari pidato ini adalah agar kita dan seluruh generasi kita sehat jasmani dan rohani sejak dini.

Hadirin yang saya hormati, kita pernahg mendengar istilah mensana in corpora sano, bukan? Istilah itu artinya kurang lebih di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kita sering menganggap remeh masalah kesehatan. Padahal sudah diajarkan sejak TK atau bahkan setelah kita lahir. Makanya, istilah tadi seakan menampar kesadaran kita agar melek soal kesehatan sejak dini.

Kesehatan mahal harganya. Ajal memang di tangan Tuhan namun mati di tangan kita. Mau bagaimana kita meninggal kitalah yang menentukan, sehingga sangat cocok jika kita merenungi lagi apa yang sudah jadi pelajaran selama di sekolah.

Marilah kita menjaga kesehatan, karena sehat itu mahal. Dan dalam islam juga diajarkan agar menjaga kesehatan sejak dini. Dalam sebuah hadis bahkan diterangkan kalau dua nikmat yang orang sering tertipu adalah sehat dan sempat.

Nah, kiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam pidato ringkas kali ini. Semoga apa yang sudah saya sampaikan bisa menjadi manfaat untuk kita semua. Dan menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Akhir Kata

Itulah contoh pidato ringkas yang bisa kami hadirkan untuk Anda semua dalam kesempatan kali ini. Harapan kami, walau singkat dan ringkas bermanfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *